Senin, 10 Juni 2013

Sahabat Maya

Assalamualaikum...

Sahabat maya atau yang sering juga disebut dengan sahabat virtual. Apa sebenarnya yang dimaksud dengan "sahabat virtual"??? Sahabat virtual terdiri dari dua suku kata, "sahabat" dan satu lagi "virtual".
Menurut gue sahabat adalah orang yang selalu ada saat kita membutuhkan mereka, saat suka dan duka, bisa menjadi kaka, adik, teman, saudara, guru dll.
Dan menurut beberapa sumber yang gue baca virtual adalah sesuatu yang sebenarnya tidak ada tapi sebenarnya ada atau bahasa bekennya maya. Nah kalo pengertian sahabat dan virtual digabung inti artinya adalah orang yang selalu ada saat kita membutuhkan meskipun tidak terlihat secara fisik tapi keberadaan mereka nyata buat kita.
Gue rasa semua orang pasti punya yang namanya sahabat maya, termasuk gue tentunya.
Sejak zamannya gue lulus SMA gue disebut "Ratu Chating" yups.. karena kebiasaan gue yang ga bisa lepas dari HP dan ga bosen-bosennya berseluncur didunia maya.
Bukan karena gue ga punya temen ya, temen gue bejibun banyaknya. Tapi entah kenapa gue mendapatkan kenyamanan saat gue masuk didalam kehidupan maya gue.
Dari SMA gue udah punya banyak banget media sosial dan aplikasi chating di HP gue, padahal gue bukan orang yang harus punya gadget canggih, HP gue dulu cuma Nokia 6600 dan masa kuliah gue HP gue Nokia E63, tapi isinya mantap mamen gue sering berseluncur di Friendster, YM, e-buddy, Bing, Mig33 dan masih banyak lagi pokonya yang terkenal dizamannya lah, dari situ gue dapetin temen yang sampe sekarang masih jadi temen gue.

Othink
Nama aslinya Dwi Purwantoro. Sejak awal, gue kenal dia dengan nama othink. Friendster lah yang mempertemukan gue dengan dia, urang Sukabumi cenah. Banyak hal yang gue pelajari dari sosok Othink, caranya menghadapi sebuah masalah, mendengarkan gue yang sering telpon dia malem-malem pake nangis-nangis pula, belajar caranya bekerja keras dan menghadapi kerasnya kehidupan, belajar dari sosoknya yang setia dan caranya mencintai wanita. Belajar pentingnya sebuah teman dan menghargai pertemanan. Banyak hal yang bisa gue sharing dengan othink, kerjaan, kehidupan, masa depan dan masih banyak lagi. Meskipun kami sudah berteman sejak 6 tahun yang lalu, kami belum diberi kesempatan oleh Allah untuk bertemu, yups karena satu dan lain hal pastinya. Insyaallah jika Allah menghendaki pasti suatu saat nanti bisa dipertemukan, yang penting niatnya baik.
Joe
Sama kaya Othink nama sebenernya bukan itu tapi Yuzwar Irwansyah, gue dipertemukan oleh Friendster juga sama kaya Othink, entah kenapa gue dan Joe lebih sering berkomunikasi, tiap malem itu jadwalnya gue ngobrol sama Joe, nyokap gue sampe geleng-geleng kepala kalo ngeliat gue lagi telponan ama ni bocah, gue sama Joe udah sama-sama cuek dan ga ada malunya mau telponan sambil boker, sambil makan, pokonya cuek bebek abiis.Dan setelah sekian lama gue baru tau kalo Joe dan Othink itu adalah temen :p Joe ngeadd gue di Friendster pun karena gue temenan sama Othink. Sampai sekarang masih temenan baik. Sekarang dia lagi di Taiwan buat berlayar, dulu waktu masih ababil2 gitu gue sedih banget pas dia pamit buat berlayar rasanya kaya bakal keilangan temen kaya dia buat selamanya. Tapi seiring berjalannya waktu pemikiran gue pun mulai dewasa (ciyeeee) hahaha... Joe ini orang yang simple banget dia menganggap kalo semua rengekan gue bukan hal-hal yang patut gue tangisin. Dengan bahasanya yang khas ala-ala Betawi dan ceplas ceplos tetep ajah ni bocah bikin gue seneng kalo ngobrol.
Zein
Sebenernya sih kenal sama dia ga maya-maya banget, berawal dari dikenalin temen les waktu di STAN, perkenalan gue sama dia terbilang amat rumit, tapi dengan segala kemungkinan dan memang jalannya akhirnya gue dan Zein berteman baik, berawal dari sebuah kejujuran yang bikin gue dan dia berteman baik sampai hari ini. Zein itu orang yang baik, care, jago nyanyi dan romantis banget, gue pernah dinyanyiin lagu SEMPURNA aaaahh so sweet sekali orang itu. Karena seringnya berkomunikasi akhirnya gue dan Zein jadian. Wah ni anak jadi pacar pertama gue semenjak gue di kasih SIM sama bokap buat pacaran. Perhatian banget, waktu pacaran ama dia gue ga boleh makan diwarteg terminal ama dia, tapi karena satu dan lain hal gue sama Zein cuma bertahan 2 apa 3 bulan gitu buat pacaran. Tapi baiknya meskipun  udah putus dia masih mau main kerumah gue, berteman sama gue dll. Karena gue sama dia jadiannya lewat HP putusnya juga lewat HP. hohoho

Danis
Si mba asal Jogja ini awalnya berkenalan sama gue lewat aplikasi chating yang dulu lagi marak mig33 atau apalah itu. Gue kenal dia dengan nama Bintang, yups sampai hari ini gue masih berteman baik dengan mba danis ya meskipun cuma lewat bbman atau chat via Facebook.

Sebenernya masih banyak temen-temen gue yang gue kenal lewat dunia maya tapi justru kehadiran mereka bener-bener nyata dikehidupan gue. Entah berapa banyak mantan gue yang gue kenal dari dunia maya. hahahhaa.. ga lebih dari 3 ko.. :p tapi itu masih jamannya ababil-ababil gituu.
Kalo diitung-itung temen gue dari ada deh dibeberapa provinsi di Indonesia. :)
Ga cuma di Indoensia loh, gue juga punya sahabat-sahabat maya dari luar negeri, awalnya si cari guru buat belajar bahasa inggris. hehee.. tapi karena kebanyakan dari mereka sering ngobrolnya lewat YM dan gue udah jarang banget YMan jadi banyak yang udah lost contact deeh
Yups kesimpulan yang bisa gue ambil adalah sahabat itu ga perlu secara nyata hadir disamping kita, tapi sahabat juga bisa ajah berada nun jauh disana yang penting bisa bikin kita nyaman, dan membuat kita merasa berarti dan tidak merasa sendiri.


Tidak ada komentar: