Senin, 28 Januari 2013

Nostalgia Masa Kecil #Part 2

Assalamualaikum..

Melanjutkan postingan sebelumnya tentang Nostalgia Masa Kecil, aku akan membahas dan mengingat jajanan masa kecil yang sudah jarang kita ketemui di Masa sekarang, sekedar membangkitkan kenangan dan mengobati sedikit kekangenan :)
Berikut rangkuman dari beberapa sumber dan yang aku ingat tentang makanan masa kecil.. :)

  • Anak Emas
dila.blogdetik.com

Jajanan yang satu ini emang ngangenin banget, dulu saking populernya hampir setiap hari makan jajanan ini. Anak Emas merupakan mie kering yang diberi bumbu asin yang rasanya gurih dan ciamik abiiss. Saking enaknya ga boleh ada 1 pun mie kering yang tersisa di bungkusnya. Katanya sih sekarang ada juga Anak Emas yang dijual dengan kemasan yang berbeda, tapi rasanya lebih yahud yang dulu.

  • Coklat Payung

gedoor.com

Coklat yang dikemas menyerupai payung yang sedang tertutup ini sempet tren banget waktu itu, harganya murah dan enak banget. Zaman dulu jajanan apa sih yang ga enak???? :))) Biasanya coklat ini dijual didalam toples plastik bening. Pernah juga beberapa kali aku menjumpai coklat ini masih dijual dibeberapa toko besar di jakarta.
 
  • Permen White Rabbit
archive.kaskus.co.id

 
Permen keren yang Oke banget ini pernah booming banget gara-gara bungkusnya yang bening bisa dimakan, keren banget ga tuu??? Dibungkus dengan kemasan bening dengan gambar kelinci putih yang khas banget, rasanya yang manis dan enak bikin permen ini makin digemari.Tapi belakangan ada pemberitaan yang memberitakan kalo permen ini mengandung zat yang sebenarnya tidak boleh dikonsumsi oleh tubuh kita.

  • Cokelat Cap Ayam Jago

ibnunurkholis.com & adhlyashary.blogspot.com

Ini coklat yang juga tren di Era 90-an zaman-zamannya kita TK sampai SD, Coklat Ayam Jago dikemas dengan kemasan yang vintage abis dengan gambar ayam jago diatasnya. Produsen coklat ayam jago pun memberikan terobosan baru dengan mmberikan aneka rasa di coklat ini, namun tidak merubah keenakan dari coklat ayam jago ini.

  • Wafer Superman
vemale.com

Wafer Superman :) wafer yang dilapisi coklat ini emang masih ada sampe sekarang, tapi tidak sebooming dulu. Dulu wafer yang dikemasannya terpampang gambar superman yang lagi terbang ini merupakan jajanan wajib dimasanya.

  • Cokelat Choyo Choyo
 hyoubee.blogspot.com

Cokelat Choyo-Choyo dikemas dalam cup kecil, kalo kita beli coklat ini, kita akan mendapat bonus sendok plastik yang sangat mini. Ada Cokelat Coyo Coyo yang semuanya berisi cokelat, ada juga yang cokelat dicampur cokelat warna-warni aneka rasa. Meskipun beberapa anak sering mengalami batuk setelah makan cokelat Coyo-Coyo, jajanan ini tetap disukai.

  • Permen Rokok
futureputri.wordpress.com

Dulu di era 90-an ada permen yang dibungkus mirip rokok, isinya sih suma serbuk manis dan enak yang dilinting dikertas yang mirip dengan rokok. Sekilas, memang terlihat seperti rokok. Kalo sekarang rasanya udah ga ada yang jual kali yaa.. :) kalo pun ada, agak bahaya kalo buat anak-anak kecil, sama ajah kaya memperkenalkan rokok semenjak dini untuk anak-anak.

  • Krip Krip
 blog.umy.ac.id

Camilan ini berbentuk mie kering kecil-kecil dengan berbagai rasa, tapi yang paling terkenal adalah Krip Krip dengan bungkus warna merah putih dan tulisan warna hijau. Bentuknya sangat kecil, sekali hap, habis. Tapi pada masanya harga Krip Krip masih tergolong murah, jadi kalau pun beli banyak ga bikin bangkrut. :p

  • Permen Karet Yosan
 nurulinayah.com

Permen karet apa yang paling kita ingat waktu masih kecil? Permen karet Yosan adalah salah satunya. Meskipun, permen ini membuat banyak anak batuk-batuk, tetapi penggemarnya tetap banyak karena rasa manisnya enak. Ditambah sama hadiah yang di tawarkan kalo kita bisa nyusun huruf-huruf yang ada didalam bungkus permen YOSAN, tapi entah kenapa dari zaman kapan ga pernah nemu huruf  "N" nya. :p

  • Permen Strowberry
hyoubee.blogspot.com

Permen yang satu ini mirip obat atau vitamin dengan warna merah muda. Rasanya manis dengan sedikit sensasi dingin. Gambar tiga buah strawberry pada pembungkusnya tampak cute dan membuat anak perempuan menyukai permen ini. Tapi kayanya sekarang sudah tidak pernah lagi kita jumpai. Sayang yaaaa... :)

  • Lidi-Lidian
aprikuma.wordpress.com

Lidi-lidian ini merupakan makanan yang kriuk-kriuk berbentuk seperti sapu lidi dan ada beberapa rasa, pedes dan gurih, rasanya mirip kaya spagethi yang digoreng garing kali ya. Rasanya itu ciamik Bangeet, saking enaknya sampe bumbu didalem plastiknya disedot sampe bersih. Sebenernya Lidi-lidian ini masih bisa kita jumpai saat ini, dan kenikmatannya masih PUOL enaknya.

  • Jagoan Neon
 pikiwgames.blogspot.com

Permen ini juga masih ada sampai sekarang, tapi kepopulerannya tidak seperti pada masanya dulu. Permen yang bisa bikin lidah yang memakannya jadi biru ini tambah favorit karenaselain rasanya yang manis juga pembeli diberikan hadiah berupa tatto temporer dengan gambar yang lucu-lucu.

  • Es Osron
fotografet.net

Ini es juga rasanya masih ada sampai sekarang, dengan warna-warna yang mencolok yang ga jelas mereknya, tapi jaman-jamannya SD ini adalah minuman favorit ketika jam istirahat. Meskipun biasanya sehabis minum ini kita langsung batuk-batuk tapi tetep ajah ini minuman ga ada matinya seger banget. Sekarang pun masih sering kita jumpai pedagang minuman Es Osron didepan jalan SD, tapi rasanya akan mikir 2x deh kalo disuruh minum es ini lagi. heheheee.. :p

  • Permen Gula-Gula Karamel


wisata.kompasiana.com

Permen yang dibuat dari cairan gula pasir yang dipanaskan menjadi caramel ini juga enak dan unik banget, selain rasanya yang manis, permen ini juga bisa dibentuk jadi aneka ragam bentuk misalnya bunga mawar, kapal-kapalan, burung, ayam dll, tergantung keahlian si pembuat permen itu sendiri. Permen ini masih bisa kita jumpai di tempat-tempat jajanan pasar tertentu.

  • Rambut Nenek Lampir

Namanya unik, sama kaya bentuknya. Kenapa dinamakan rambut nenek lampir, mungkin karena bentuknya yang mirip sama rambut nenek-nenek penuh uban. Rasanya sama seperti jajanan SD pada umumnya yang cenderung lebih banyak ke manis ditambah rasa kriuk dari kerupuk khas warna pink bikin jajanan ini bikin nagih. Pernah suatu kali menemukan jajanan khas ini disudut pasar di blok M, dan rasanya emang ciaamiiik abiis :)

  • Es Goyang
gytamania.blogspot.com

Es ini unik banget cuma dengan cara digoyang pake gerobak abangnya eh bisa jadi es. Rasa dari es ini pun beraneka rasa, yang pasti enak. Kalo abangnya baik, dengan senang hati si abang mempersilakan anak-anak yang beli untuk menggoyang gerobak si abang sendiri. :)

  • Permen Telor Cicak
igindonesia.blogspot.com

Permen telor cicak ini berwarna-warni dan agak keras, tapi rasanya manis dan bentuknya yang emang mirip banget sama telor cicak, bulet-bulet kecil. kalo beli permen ini maunya ga 1 bungkus tapi bisa dua sampe 3 bungkus :)

Demikian beberapa kenangan yang aku ingat saat kita kecil pada tahun 90-an. Rasanya kangen banget balik kemasa-masa itu, saat dimana ga ada permasalahan yang kadang bikin kepala mau pecah.  Tapi kenapa sekarang sudah jarang banget kita liat anak-anak kecil yang asik dengan dunia anak-anak. Mereka justru mengikuti arus kedewasaan sebelum waktunya. Mungkin karena mereka kurang mendapatkan fasilitas serta sarana dan prasarana seperti kita dulu atau justru fasilitas mereka jauh lebih hebat ketimbang kita dulu.


Murni :)


Sumber : berbagai sumber dan vemale.com

Tidak ada komentar: