Senin, 21 Mei 2012

Tolong Menolong dan Sedekah

Sebelum aku membahas mengenai Sedekah, aku akan menceritakaan sedikit tentang sebagian episode dalam hidup ku yang tentu saja memberikan ku sebuah pelajaran yang sangat berharga :
chek this out :D

Suatu siang, aku berangkat ke kampus, karena ada praktikum jam setengah 4 yang mengharuskan ku untuk datang ke kampus.. :)
Aku Berangkat dengan diantar naik motor sampai jembatan penyebrangan mall wtc serpong. Ketika diperjalanan diatas jembatan, aku bertemu dengan bapak-bapak hampir tua mungkin seumuran babeh dirumah tapi agak lebih tua lagi, kemudian bapak itu menghampiri dan  bertanya dan terjadilah percakapan :
Bapak : "gading serpong dimana ya de"
Aku : oohh.. Jalan terus paa, lurus ajah nanti ada lampu merah dy adanya disebelah kiri, keliatan ko..
Bapak : didalamnya banyak proyek ruko2 ya de?
Aku : ooohh.. Saya kurang tau, mungkin iyah. Kenapa pa?
Bapak : saya kerja bangunan de, saya kerja diproyek komplek serpong park (letaknya di buaran, belakang BSD plaza tp masih jauh lagi) nah skrg ada proyek di ruko gading serpong, tp saya ketinggalan rombongan. Tas saya kebawa temen saya yg jalan duluan pke truk td"
Aku : lah terus bapak mw nyusul kesana?
Bapak : iyah de, ywdah makasih ya de...
Aku : iyah sama2 pa..
Bapak itu trs jalan kaki, dalam fikiran ku ko bapak itu ga nunggu angkot seperti aku, akhirnya aku kejar dan terjadilah percakapan slanjutnya..
Aku : ko bapak jalan? Ga naik angkot? Jauh loh pa..
Bapak : saya ga ada uang de, td juga saya jalan dr serpong park.
Aku : hah??? (kebayang jauh n capeknya).. Ywdh bapak bareng saya ajah kan searah sama saya..
Bapak : gpp.. Ga usah de td jg asya jalan ko.
Dengan paksaan akhirnya bapak itu naik angkot bareng sama aku,, 
hemm.. Liat muka bapak itu bikin sedih.. karena bapak itu pake logat jawa, kebayang berarti si bapak ini lagi susah payah cari uang disini buat keluarganya di kampung sana, perjuangan hanya untuk keluarganya.. Jd keinget bapak ku..
Ditas ku ada uang 15rb semuanya 5rbuan, mungkin sisa2 kembalian, soalnya aku punya kebiasaan ga pernah naro uang kembalian di dompet.. Aku kasih ke bapak itu 5rb buat naik angkot dari gading kedalemnya, 5rb untuk bayar angkot aku dan bapak tadi.
 
Akhirnya saat sampe di kebon nanas, heemmm.. Baru sadar klo aku ga bawa dompet -_-"
Huaah, langsung panik lah aku, gimana bisa smpe kampus klo uangnya cm 5rb..
Karena aku orangnya gampang terharu..air mata netes ga brenti2.. Heeee..
Terus aku telpon mamih (juwita) temen yg aku anggap paling dewasa dan bisa memberikan solusi,
dan bener ajah :) mamih nyuruh aku buat kasih HP ku ke orang yg ada disekitar aku, tadinya mau polisi.. :) siapa ajahlah dalam fikiran ku yang penting rapih dan keliatan punya duit.. haha
Mamih nyuruh aku buat kasih HP ku ke orang itu,
Entah apa yang mereka bicarakan tiba2 mas2 itu kasih hp nya ke aku, sambil bilang, "jangan nangis.. Ga bawa dompet ya??? Nih.." sambil nyodorin uang 10rbuan..
"ga usah 10rbu mas, saya butuhnya cm 1000 .. Saya ada uang 5rb, tnggal nambah 1rb lagi.." aku bilang gitu ke mas nya..
Dengan memaksa masnya bilang "gpp.. Buat dikampusnya kan?? Gpp ambil ajah" dengan kekeh aku bilang, "ga usah mas, saya butuhnya cm 1000 ajah ko.. Makasih banyak ya mas, sambil minta uang seribuan dari masnya dan berkali-kali bilang makasih" heheheee..
Didalam bis, aku merenung betapa cepatnya Allah membalas apa yg tadi aku lakukan,, baru ajah nolong orang yg kesusahan, tapi Allhamdulillah saat aku yang sedang dalam kesusahan Allah memberikan penolong juga untuk aku..
Meskipun agak ketawa-ketawa sedikit dalam hati, karena trnyata aku ga punya uang tapi malah nolong orang.. Heheee..
Ada banyak cerita dan hikmah dalam setiap peristiwa yang kita alami..
Sampai dikampus, aku disambut teman2 ku yang sudah menunggu didepan kampus.. :) dan dengan kebaikan mereka, mereka pinjemin aku uang buat ongkos pulang..
Selalu ingatlah, dari semua rezeki yang kita miliki ada sebagian yang menjadi hak orang lain, jadi jangan pernah ragu untuk nyisihin sebagian rezeki kita untuk orang lain,
tp jangan karena mengharapkan sebuah penghargaan atau pembalasan yang lebih dr orang lain..
Tapi.. Ikhlas lah dlm brsedekah, dan Allah lah yang Maha Tau bagaimana pembalasan mengenai ibadah kita, tak terkecuali dengan bersedakah :)

Berikut beberapa hal penting yang perlu kita ketahui tentang "sedekah" 

Rezeki yang kita miliki tidak akan kekal apabila tidak ada keberkahan didalamnya yang dikurniakan oleh Allah SWT. Kekayaan tidak akan membawa arti tanpa ada keberkahan. Dengan adanya keberkahan, harta dan rezeki yang sedikit akan bisa terasakan mencukupi. Sebaliknya, tanpa keberkahan rezeki yang meskipun banyak akan terasakan sempit dan menyusahkan.

Agar rezeki yang Allah SWT berikan kepada kita menjadi berkah, Rasulullah SAW menganjurkan kepada umatnya untuk memperbanyak sedekah. Kata Rasulullah SAW, ''Belilah semua kesulitanmu dengan sedekah.'' Dalam hadis lain, Rasulullah SAW menjelaskan, ''Setiap awal pagi, semasa terbit matahari, ada dua malaikat menyeru kepada manusia di bumi. Yang satu menyeru, 'Ya Tuhanku, karuniakanlah  (ganti) kepada orang yang membelanjakan hartanya kerena Allah'. Yang satu lagi menyeru, 'Musnahkanlah orang yang menahan hartanya'.''

Sedekah walaupun kecil tetapi amat berharga di sisi Allah SWT. Orang yang bakhil dan kikir dengan tidak menyedekahkan sebagian hartanya akan merugi di dunia dan akhirat karena tidak ada keberkahan. Jadi, sejatinya orang yang bersedekah adalah untuk kepentingan dirinya. Sebab, menginfakkan (belanjakan) harta akan memperoleh berkah, dan sebaliknya menahannya adalah celaka.

Sedekah memiliki beberapa keutamaan bagi orang yang mengamalkannya. Pertama, mengundang datangnya rezeki. Allah SWT berfirman dalam salah satu ayat Alquran bahwa Dia akan membalas setiap kebaikan hamba-hamba-Nya dengan 10 kebaikan. Bahkan, di ayat yang lain dinyatakan 700 kebaikan. Khalifah Ali bin Abi Thalib menyatakan, ''Pancinglah rezeki dengan sedekah.'' Kedua, sedekah dapat menolak bala. Rasulullah SAW bersabda, ''Bersegeralah bersedekah, sebab yang namanya bala tidak pernah bisa mendahului sedekah.''

Ketiga, sedekah dapat menyembuhkan penyakit. Rasulullah SAW menganjurkan, ''Obatilah penyakitmu dengan sedekah.'' Keempat, sedekah dapat menunda kematian dan memperpanjang umur. Kata Rasulullah SAW, ''Perbanyaklah sedekah. Sebab, sedekah bisa memanjangkan umur.''
Mengapa semua itu bisa terjadi? Sebab, Allah SWT mencintai orang-orang yang bersedekah. Kalau Allah SWT sudah mencintai seorang hambanya, maka tidak ada persoalan yang tidak bisa diselesaikan, tidak ada permintaan dan doa yang Allah tidak kabulkan, serta tidak ada dosa yang Allah tidak ampuni, dan hamba tersebut akan meninggal dunia dalam keadaan husnul khatimah (baik).

Kekuatan dan kekuasaan Allah jauh lebih besar dari persoalan yang dihadapi manusia. Lalu, kalau manfaat sedekah begitu dahsyatnya, masihkah kita belum juga tergerak untuk mencintai sedekah? Wallahu a'lam bis-shawab.

Demikian beberapa hal yang ingin aku share pada kali ini,, semoga bermanfaat. Aammiiin.. :)

Tidak ada komentar: