Minggu, 28 Juli 2013

Bendungan Hilir kala Ramadhan

Assalamualaikum..

Allhamdulillah sudah memasuki hari-hari terakhir di bulan Ramadhan, semoga lancar sampai akhir bulan Ramadhan ya teman-teman..
aamiin..

Ramadhan adalah bulan yang penuh dengan berkah, banyak sekali berkah yang dapat kita rasakan selama Ramadhan, tak terkecuali para pedagang takjil (menu makanan berbuka puasa). Selama Ramadhan banyak sekali pedagang-pedagang takjil dadakan yang bermunculan, kalau ada pedagang pasti juga ada tempat berjualannya kan?? ya.. pasar tumpah atau pasar dadakan yang menjual takjil banyak kita jumpai dimana-mana. Salah satu tempat yang paling terkenal di Jakarta adalah pasar Bendungan Hilir atau yang lebih terkenal disebut pasar Benhil.

Meskipun sudah 2 tahun bekerja di Jakarta, saya belum pernah ke pasar Benhil ini, yang memang letaknya tidak terlalu jauh dari tempat saya bekerja. Pasar Benhil terletak dekat dengan jalur ramai yang padat akan kendaraan lalu lalang yaitu jalan jenderal Sudirman. Dikarenakan jam pulang kerja selama Ramadhan juga dipercepat ditambah dengan rasa penasaran saya akan pasar ini, akhirnya saya menyempatkan diri untuk berkunjung ke pasar Benhil, meskipun jam pulang kerja dipercepat jalanan menuju Bendungan Hilir cenderung padat. Pasar Benhil merupakan tempat ngabuburit favorit di Jakarta, pasar ini sudah ada sejak tahun 2000

Sesampainya di Pasar Benhil kepulan asap ayam atau ikan bakar serta bunyi perapian gas untuk memanaskan wajan dan suara-suara minyak goreng mendidih di penggorengan langsung terlihat, kumpulan banyak orang pun langsung terlihat dari kejauhan. WAW.. semua berebut ingin mendapatkan takjil untuk berbuka puasa.
Benhil memang ramai dengan PKL yang berjualan aneka makanan ditepi jalan, seperti martabak, pecel ayam, nasi uduk, dan sate. Ketika bulan Ramadhan para pedagang ini menambahkan variasi dagangan mereka dengan aneka takjil seperti kolak, gorengan, es buah yang sudah dikemas dalam gelas plastik sehingga mudah dibawa oleh para pembeli.

Yang paling mencolok dari pasar Benhil adalah adanya tenda yang khusus dipasang hanya selama bulan Ramadhan, semua pedagang takjil dan menu lauk-pauk untuk berbuka dan sahur terlihat padat memenuhi tenda tersebut.


Makanan yang dijajakan beraneka ragam, mulai dari makanan untuk berbuka, minuman segar, makanan sahur sampai kue-kue lebaran. Walaupun beberapa makanan banyak didominasi oleh makanan Padang, namun ada juga makanan-makanan lainnya. Untuk makanan utama ada beraneka masakan padang, gudeg dan kreceknya, teri kering dengan kacang tanah atau kentang kering di toples-toples, pecel, aneka pepes, ayam bakar dan ikan bakar nila, mas, kerapu, gurame yang dipajang tinggi-tinggi lengkap dengan jaring pembakarnya hingga menarik penglihatan pengunjung. Jajanan diantaranya kue lupis, bubur sum-sum, bubur kampiun, lamang tapai, lontong isi, aneka gorengan yang banyak peminat, mendoan, aneka tahu goreng, jamur kriuk, empek-empek, roti dan bolu. Sementara untuk minuman ada aneka es buah dicampur agar-agar dan nata de coco di gelas plastik, es kelapa, aneka kolak pisang dan ubi.  
Harga makanan bervariasi, karena letaknya dekat dengan perkantoran dimana para pembeli didominasi oleh pegawai kantor ditambah dengan harga sewa tenda yang juga tinggi maka harga-harga yang ditawarkan memang terbilang sedikit mahal terutama untuk makanan utama. Ikan bakar dan ayama bakar antara 15 ribu-40 ribu rupiah. Teri kacang tanah dan kentang antara 20-35 ribu rupiah. Aneka bubur seharga 8 ribu rupiah, aneka gorengan mulai 1.500-2.500 rupiah. Minuman seharga 5-6 ribu rupiah. Kue-kue lebaran 35-60 ribu rupiah.





Pasar Ramadhan Benhil ini mulai buka sekitar pukul 11.00 siang, mereka membuka dagangannya jauh lebih awal dari jam berbuka karena kebanyakan dari pedagang disini mengolah makanannya ditempat itu. baru sekitaran pukul 15.00 tenda mulai ramai didatangi para pengunjung. Pengunjung di pasar Ramadhan Benhil ini didominasi oleh warga umum dan banyak pula didatangi oleh para pekerja yang bekerja dikawasan Sudirman dan sekitarnya yang menyempatkan diri sebelum pulang kerumah untuk membeli beberapa menu berbuka dan sahur disini.

Karena hadirnya pasar ini, kemacetan lalu lintas adalah hal utama yang menjadi masalah dan menjadi pemandangan tak terpisahkan dari pasar Benhil. Karena tenda yang dipasang untuk berjualan memang dipasang dijalan raya dan memakan sebagian ruas jalan raya. Suasa crowded kendaraan dan pejalan kaki yang berlalu lalang ditambah dengan suara klakson kendaraan yang tidak sabar mengantri menambah riuh suasana pasar benhil menjelang berbuka puasa, tapi justru inilah daya tariknya.

Cobain deh mampir sekalian ngabuburit di Pasar Benhil Jakarta. 

Tidak ada komentar: